ads

Praktik Seks yang Lebih Aman

1. Pantang
Pantang mengacu pada menahan diri dari aktivitas seksual. Ini adalah cara yang pasti untuk menghilangkan risiko tertular atau menyebarkan IMS. Namun, beberapa IMS dapat menyebar melalui aktivitas non-penetrasi seperti ciuman dalam atau menggosok tubuh. Ciuman dalam-dalam dapat menyebarkan hepatitis B dan menggosok tubuh dapat menyebarkan kutil kelamin dan herpes kelamin.
2. Nikmati aktivitas solo
Jika Anda sendirian, tidak ada peluang untuk tertular IMS; infeksi ini disebarkan dari satu orang ke orang lain oleh mikroorganisme. Kegiatan solo termasuk menonton porno, telepon seks, dan masturbasi sendirian. Namun, Anda dapat menyebarkan infeksi yang sudah Anda alami ke bagian tubuh Anda yang lain. Misalnya, jika Anda menderita herpes dan menyentuh luka herpes, Anda memindahkan virus herpes ke tangan Anda. Jika Anda kemudian menyentuh bagian lain dari tubuh Anda yang memiliki luka kecil (bahkan luka mikroskopis yang tidak dapat Anda lihat), virus akan memasuki luka tersebut dan menginfeksi area tersebut.
3. Gunakan penghalang
Penghalang (misalnya kondom, dental dam, dan sarung tangan) mencegah mikroorganisme, seperti bakteri dan virus yang menyebabkan IMS, menyebar dari satu orang ke orang lain. Kondom adalah satu-satunya bentuk kontrasepsi yang juga mengurangi risiko tertular atau menyebarkan infeksi menular seksual. Untuk informasi tentang cara menggunakan kondom, lihat "10 Langkah Menggunakan Kondom dengan Benar"
4. Negosiasikan aktivitas seksual dengan pasangan Anda
Merundingkan aktivitas seksual dengan pasangan Anda berarti berbicara dengan pasangan Anda tentang penggunaan penghalang (kondom, pelindung gigi), tentang berpartisipasi dalam aktivitas yang dapat menyebarkan IMS dan tentang menentukan apakah seks di luar hubungan Anda dapat diterima. Jika pasangan Anda tidak ingin menggunakan penghalang, maka Anda perlu menegosiasikan aktivitas seksual (jika ada) yang akan Anda lakukan. Mendapatkan persetujuan adalah bagian dari komunikasi seksual yang sehat.
5. Disinfeksi mainan seks bersama dengan benar
Mainan seks dapat menyebarkan mikroorganisme dari satu orang ke orang lain jika digunakan bersama dan tidak dibersihkan dengan benar. Metode pembersihan tergantung pada bahan mainan itu dibuat. Petunjuk untuk pembersihan mainan seks yang benar biasanya disertakan dengan produk. Ada informasi tentang cara membersihkan mainan seks secara online.
6. Berpartisipasi dalam aktivitas di mana cairan tubuh tidak terbagi
Beberapa IMS (seperti HIV dan hepatitis B) disebarkan oleh mikroorganisme yang ditemukan dalam cairan tubuh. Kegiatan, di mana cairan tubuh tidak dibagikan, termasuk menggosok tubuh, pijat, dan S&M. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa IMS (seperti kutil kelamin dan herpes genital) tidak menyebar melalui cairan tubuh dan dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit.
7. Hindari kontak dengan luka orang lain
Luka akibat herpes atau kutil kelamin mengandung virus yang dapat menyebar ke orang lain. Namun, luka bisa sangat kecil sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang. Menggunakan pelindung pelindung dapat mengurangi penyebaran virus yang ditemukan pada luka, asalkan pelindung menutupi luka.
8. Batasi jumlah pasangan seksual
Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki seseorang, semakin besar kemungkinan terkena atau menyebarkan IMS.
9. Berbagi informasi yang relevan satu sama lain tentang riwayat seksual dan status IMS
Berbicara dengan pasangan Anda tentang seks secara umum, dan berbicara tentang infeksi menular seksual secara khusus, dapat mengungkapkan informasi yang akan membantu Anda membuat keputusan tentang aktivitas seksual untuk mengurangi risiko tertular atau menyebarkan IMS.
10. Hindari seks di bawah pengaruh sejumlah alkohol atau obat-obatan yang akan mengganggu pengambilan keputusan atau melekat pada keputusan yang telah Anda buat tentang aktivitas seksual
Berbagi minuman dengan pasangan bisa menjadi bagian dari malam romantis. Namun, minum terlalu banyak (atau menggunakan narkoba) dapat memengaruhi pengambilan keputusan Anda tentang perilaku seksual atau bertahan pada keputusan yang telah Anda buat.
11. Jalani tes IMS
Banyak orang tidak sadar bahwa mereka mengidap IMS dan menularkannya ke pasangannya. Dengan menjalani tes, Anda akan mengetahui status IMS Anda dan dapat mengambil langkah untuk mencegah penyebaran IMS kepada orang lain. Pengujian IMS tersedia di Layanan Kesehatan Universitas Concordia dan lokasi lain di Montreal.
12. Dapatkan vaksinasi terhadap IMS
Mendapatkan vaksinasi akan sangat mengurangi risiko Anda terinfeksi. Vaksinasi tersedia untuk hepatitis B dan human papillomavirus (HPV), yang dapat menyebabkan kanker serviks, vulva, vagina, dan dubur. Layanan Kesehatan Universitas Concordia menawarkan berbagai vaksin, termasuk vaksin untuk IMS.
13. Beri tahu pasangan Anda sebelumnya jika Anda mengetahui bahwa Anda mengidap IMS
Beberapa IMS tidak memiliki gejala yang terlihat atau yang sangat ringan. Jika Anda telah didiagnosis dengan IMS, beri tahu pasangan Anda saat ini dan sebelumnya sehingga mereka dapat diuji dan diobati jika perlu. Anda bisa mendapatkan beberapa ide tentang bagaimana berbicara dengan pasangan Anda sebelumnya di brosur ini. Jika Anda merasa tidak nyaman menghubungi mitra, temui perawat di Layanan Kesehatan yang dapat memberi tahu Departemen Kesehatan Masyarakat sehingga mereka dapat menghubungi mitra Anda sebelumnya secara anonim. Sumber daya pemberitahuan mitra online untuk HIV dan infeksi menular seksual lainnya berasal dari Portail VIH / sida du Quebec.
14. Obati IMS
Beberapa IMS (seperti klamidia dan gonore) dapat disembuhkan. Jika Anda mengobati IMS, Anda tidak akan menularkannya kepada orang lain. Namun Anda bisa terinfeksi kembali jika Anda terpapar bakteri lagi.
15. Mendapatkan informasi tentang seksualitas yang sehat, seks yang lebih aman dan IMS
Ini termasuk membaca tentang seksualitas yang sehat, seks dan IMS yang lebih aman, berbicara dengan teman dan keluarga, berbicara dengan ahli kesehatan tepercaya, dan banyak lagi. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik persiapan Anda untuk melindungi diri sendiri dan pasangan Anda. Lihat halaman "Sumber Daya Seksualitas yang Sehat" untuk daftar sumber informasi kesehatan seksual yang tepercaya.
16. Terapkan sikap positif terhadap seks yang lebih aman
Ini mungkin tampak bukan praktik seks yang lebih aman, tetapi tanpa sikap positif terhadap seks yang lebih aman, seseorang kemungkinan besar tidak akan melakukan perilaku yang dapat mengurangi risiko tertular atau menyebarkan IMS. Berfokuslah pada banyak manfaat seks yang lebih aman. Identifikasi bagaimana seks yang lebih aman cocok dengan sistem nilai Anda (seperti memperlakukan diri sendiri dan orang lain dengan baik, dan menjalani hidup yang sehat). Sadarilah bagaimana IMS (seperti HIV atau hepatitis B) dapat mengganggu pencapaian tujuan hidup, seperti berhasil menyelesaikan studi Anda. Seks yang lebih aman masuk akal dalam banyak hal. Lindungi kesehatan Anda dan terapkan praktik seks yang lebih aman!

Post a Comment

0 Comments